Judul: Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya)
Pengarang: Dr. Nana Sudjana dan Drs. Ahmad Rivai
Gambar Sampul: Irfan
Pewajah: Noeng's
Kategori: Pendidikan
Penerbit: Sinar Baru Algesindo Bandung
Cetakan: Kesembilan, April 2010
Ukuran: 15 x 21 cm
Tebal: viii + 219 halaman
Berat: 300 gram
Kondisi: Baik
Harga: Rp. 21.000 (belum ongkir)
Order: SMS 083862205877
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan menjadi tugas dan tanggung jawab guru. Karena gurulah yang membina para siswa di sekolah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Namun mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan ini bukanlah hal yang mudah.
Saat proses belajar – mengajar, guru akan mengambil alih seluruh kelas dan menjadi satu titik yang menjadi pusat pengendali keadaan belajar siswa. Ini adalah sebuah tantangan bagaimana agar siswa selalu tetap fokus dan tertarik, bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar. Tidak heran, saat guru mengajar di kelas suasana kelas mulai tidak kondusif dan membosankan, siswa akan mengalihkan perhatian mereka pada hal lain seperti mengobrol dengan temannya, melamun, mencoret – coret buku catatan, dan sebagainya. Itu adalah realita yang sudah sering terjadi. Lalu bagaimanakah agar guru bisa mengurangi dan bahkan mencegah hal – hal yang telah disebutkan tadi terjadi?
Hal ini menjadi suatu topik yang perlu dikaji dan dibahas lebih lanjut. Karena dari masa ke masa hal ini akan terus terjadi. Dari pengkajian hal tersebut muncullah ide dan inovasi dalam proses belajar mengajar, yaitu dengan cara menginovasi gaya belajar dengan melibatkan media – media yang menunjang untuk kegiatan belajar. Media pengajaran ini dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil hasil belajar yang dicapainya.
Dalam buku Media Pengajaran ini, Dr. Nana Sudjana dan Drs. Ahmad Rivai menjelaskan mengapa media pengajaran dapat mempertinggi proses belajara siswa, diantaranya:
a. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
b. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajran lebih baik;
c. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata – mata komunikasi verbal melalui penuturan kata – kata dari guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran;
d. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktifitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain – lain.
Dalam bukunya penulis menyampaikan penellitian yang dilakukan terhadap penggunaan media pengajaran dalam proses belajar mengajar sampai kepada kesimpulan, bahwa proses dan hasil belajar para siswa menunjukan perbedaan yang berarti antara pengajaran taanpa media dengan pengajaran menggunakan media. Oleh sebab itu penggunaan media pengajaran dalam proses pengajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pengajaran.
Melalui bukunya penulis menyampaikan bahwa melalui media pengajaran diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa. Beberapa jenis media yang biasa digunakan dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran dapat digolongkan menjadi media grafis , media proyeksi, media audio dan lingkungan sebagai media pengajaran.
Buku Media Pengajaran ini secara jelas menorehkan tujuan ditulisnya buku ini yakni mencoba menjelaskan media pengajaran baik yang berkenaan dengan penggunaannya dalm proses belajar – mengajar maupun pembuatannya sepanjang dimungkinkan oleh para guru.
Selanjutnya terlepas dari itu semua tetap kepada bobot yang terkandung dalam buku ini bahwa buku ini memang pantas menjadi traffic light bagi para pendidik karena mengingat proses pembelajaran berjalan dengan samar seperti angin yang berhembus menggoyangkan pucuk pepohonan, mudah dilihat akan tetapi sangat sulit menagkalnya, sehingga buku ini hadir ketangan pembaca sebagai penunjuk jalan, paling tidak pembaca dapat memperoleh gamabaran tentang metode pembelajaran yang lebih menarik yang kerap kali dilakukan oleh para pendidik.
Kamis, 10 November 2016
Media Pengajaran
Media Pengajaran
Reviewed by osmangrup
on Kamis, 10 November 2016
Rating: 4.5
Buku Berkategori
Pendidikan,
Text Book
0 komentar:
Posting Komentar